Cross bottom


5032_94157370731_76497680731_2008742_1518390_n

Music Speaks Louder Than Words Demikian ada sebuah ungkapan, yang berarti bahwa musik adalah sarana yang paling efektif untuk mengekspresikan berbagai hal. Banyak orang yang ketika merasa senang dan bahagia, mengekspresikannya melalui musik, demikian juga ketika merasa marah, sedih dan sebagainya. Musik adalah pengkomunikasian ide ide yang paling universal, yang paling bisa diterima oleh siapa aja. Musik juga memiliki banyak atribut yang menempel kepadanya. Bagi para musisi, musik adalah ajang ekspresi diri, ajang untuk menunjukkan integritas dan personal dirinya. Bagi kalangan industri, musik adalah lahan pendapatan yang tidak akan pernah kering karena ide ide musik dari para musisi tidak akan pernah habis.

Demikian juga dengan, CROSS BOTTOM band yang digawangi oleh ‘Anton’ Septiadi – Dram, Army ‘Gundul’ Virmansyah – Akustik Gitar& Vokal,Hiswara Banu ‘Adjie’ – Gitar Elektrik, dan Noor ‘Pagon’ Ali Antono – Bass Elektrik. Memilih musik sebagai sarana ekspresi, sarana untuk memanfaatkan skill dan kemampuan untuk konsisten secara lebih profesional. Eksistensi sebuah grup band, pada dasarnya berlandasan kepada hukum seleksi alam. Artinya apabila skill, kemampuan, integritas dan konsistensi dalam bermusik bisa dikomunikasikan dengan baik, maka sebuah band akan mamou meraih dukungan dari para pendukungnya, yang akan juga mendukung keberadan sebuah grup band. Terlebih lagi ketika band tidak hanya berhenti kepada penyampaian karya karyanya saja akan tetapi juga dengan mengkomunikasikan dan mencari timbal balik dengan semua pihak terkait.

Kini kerja keras dan kepercayaan itu termanifestasi dalam sebuah album debut mereka bertajuk 9. Album 9 memaparkan 10 komposisi yang mengalirkan perpaduan alternative dan country. Sebuah paduan yang diracik tepat menghasilkan irama menggoda dan segar. Tertata dalam beat beat rapi dalam iringan permainan slide gitar elektrik dan ketukan dram stakato yang lembut. Entah itu dalam tempo medium juga lambat. Kesepuluh komposisi ini seakan menunggang suatu gelombang baik dalam lirik maupun musik.

Album 9 hadir dengan single andalan bertajuk 9 Tahun. Tembang up beat yang membungkus lirik sedih dengan mood ceria. Lagu ini bergantian dengan 9 lagu lainnya yang dimainkan dalam tempo beragam. Untuk medium pilihanmu jatuh pada komposisi Lelaki Muda, Selangkah Lagi dan Hadapilah. Untuk yang lebih mellow tersedia Setia, Maafkan, Sepenggal Kisah Lalu, Lagu Cinta, Permata Yang Hilang dan Pulang.

Total hampir 45 menit kita diajak dalam satu aspek baru dari musisi tanah air. Dengan aliran bermusik yang mereka pilih ini sudah memberi mereka perhatian tersendiri dari khalayak pendengar. Suatu ciri khas yang dimainkan berdasar dari suatu keyakinan ekpresi masing masing personil CROSS BOTTOM sendiri yang dilandaskan pada keinginan untuk berkomunikasi dengan khalayak.

6240_102965640731_76497680731_2149488_2267118_nSEJARAH CROSS BOTTOM CROSS BOTTOM dibentuk tahun 1996 oleh 4 personilnya Anton, Gundul, Adjie dan Pagon di Yogyakarta ketika masih duduk di bangku SLTA. Semua berawal dari antusiasme pada aliran musik yang sama dan keinginan untuk bersinergi. Proses dijalani dari latihan, mengikuti berbagai pertunjukkan dan pentas musik di tingkat lokal membawa hasil. Pembentukkan jatidiri musikalitas masing masing personil dan aliran musik yang diemban disampul cita cita yang pasti bahwa musik kami akan menjadi suatu yang sangat berharga di kemudian hari. Seiring dengan waktu nama mereka makin dikenal luas.

Berbagai pentas dan festival pun dijalani dan sepertinya menjadi sering. Selain hadir di depan publik kampus, CROSS BOTTOM juga tanpil di beberapa konser besar. Di antaranya menjadi band pendamping di depan konser akbar ‘A Mild Live Power Slaves Concert’ tahun 1996, band pembuka ‘A Mild Live PAS Band Concert’ yang keduanya bertempat di Yogyakarta.

Kematangan yang di dapat dari pementasan pementasan tadi juga diimbuhi adanya pergantian personil CROSS BOTTOM yang terlihat dari segi teknik, skill, gaya maupun corak permainannya yang unik. Sealin itu juga berkat pengaruh yang masuk lewat musik musik yang menjadi acuan bagi CROSS BOTTOM seperti The Doors, Radiohead, Coldplay, U2, Live, Pearl jam dan Counting Crows.

Lagu-lagu crossbottom

9tahun

maafkan

aku dan kita

17 thoughts on “Cross bottom

  1. Ayu_chabby says:

    Q bLM prnh denger n bLm prnh Tau CroSS BoTTom,bair???
    Tpi personilx caem2 yach…
    hehehe

  2. wish says:

    Sebuah penantian yang lama..
    hampir 9 tahun deh [ becanda🙂 ],
    tapi salut utk kalian, karna tetep berkarya maramaikan musik indonesia..,
    Cayo CROSSBOTTOM…

  3. de_damz says:

    pernah manggung di sma ku…sma 3 solo…huhuhu..abis itu malah putus deh aku ma cawekku…gara2 lupa jemput

  4. hasan says:

    lagunya blum bredar d jepara, kangen ma lagu2nya

  5. Ogut says:

    Ak salute sama skil2 cross bottom. Mantrap! Album baru ga ada?

  6. agur says:

    mna nh clipx…msk k tv pank…
    maen d dahsat or inbok gtu biar ngetop…

  7. BANGUN says:

    bro aku penggemar cross bottom
    aku kpingn bngt lihat cross bottom tampil di TV tpi klau tmpil di TV aku ingin mereka nyanyiin lau 9 tahun N lagu cinta

  8. wah ini band jaman kul 2003 dulu….lagu nya bagus2….9 tahun,maafkan,sepenggal kisah lalu, lelaki muda…..kok sekarang ga muncul lagi y?? masih eksis kah??

  9. Yudie Crane says:

    Kangen sama lagu-lagunya Cross Bottom

  10. kangen sama lagunya cross bottom….ini udah aku download….tapi sayang ada yang pendek lagunya…judulnya hadapilah……

  11. yudhi says:

    mas aku dari album cross bottom uda lama dari pertama kali meluncurkan albumnya,
    dari dulu aku kepengen liat cross bottom tampil ditv

  12. ari says:

    Woh jaman smp sampe sma ke puter terus d hp koncoku kui…soale jaman kui aku belum pegang hp…d radio kerap d puter kok…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: