Marketing to Netizen


 

Bermula dari ajakan Komunitas Blogger Tercinta TuguPahlawan.com yg di beritahukan lewat millis TPC .Acara Marketing to Netizen yang di adakan oleh the-marketeers di Shangri-la Hotel Surabaya sebagai pembicara adalah bapak Hermawan kertajaya Seorang Leading Marketing Strategi  yang terkenal di Asia. Saya sendiri sebenarnya baru sekali mendengar the marketeers,karna rasa penasaran untuk menghadiri seminar tersebut  dan tidak ingin berangkat tanpa berbekal apa-apa maka saya mulai mencari-cari artikel tentang acara yang di adakan oleh the marketeers ini…mulai dari postingan ulasan acara sampai ke pengertian netizen di mata masyarakat yang akan menjadi new wave dalam perkembangan marketing di era global ini…Dari tadi saya terus menerus menulis Netizen..Tanpa memberi penjelasan jadi akan saya jelaskan apa itu netizen dan apa pengaruh untuk marketing di indonesia maupun di dunia..karna otak saya kecil jadi saya hanya menangkap beberapa hal penting yg di dapat pada seminar kemarin..semoga bermanfaat.

 

Marketeers

Marketeers

Apa itu Netizen ?

Kata Netizen Pertama kali di buat oleh Michael Hauben Pada tahun 1992 ia menciptakan istilah netizen untuk menggambarkan pengguna internet yang memiliki rasa tanggung jawab sebagai warga  internet. Atau netizen merupakan istilah yang dibentuk dari kata Net (internet) dan Citizen (warga). Jika di satukan, artinya kurang lebih “warga internet” atau “penduduk dunia internet”  Sederhananya, netizen adalah pengguna internet yang berpartisipasi aktif (berkomunikasi, mengeluarkan pendapat, berkolaborasi, dll) dalam media internet.

 

michael hauben

Siapakah Netizen itu?

Netizen adalah siapa saja yang mengakses dan menggunakan internet.Semua orang yang menggunakan Internet bisa di sebut Netizen mualai yang hanya menggunakan Mobile Internet,komputer rumah yang terkonek internet,mahasiswa yang berjam-jam bisa membuka halaman Fb untuk update berita terbaru dari teman-teman meraka juga bisa di sebut Netizen, Atau para siswa SMA,Pekerja Kantoran yang bersuara kritis melalui media blog hingga para kaum dewasa-tua yang mengakses facebook untuk mencari teman-temannya yang “telah hilang”. Blogger, pengguna twitter, pengguna facebook dan ‘aktivis’ sosial media lainnya.

Ketika sedang offline, Netizen tidak berbeda dengan citizen (warga) lainnya. Mungkin ada beberapa perilaku unik yang membedakan seorang netizen dengan citizen seperti kebutuhan aktualisasi diri yang tinggi pengoptimalan handphone / smartphone yang selalu aktif dan tweet yang selalu dipublish secara mobile… Karna di Indonesia ini Handphone yang terkonek dengan internet bisa di beli dengan harga terjangkau sehingga semua orang bisa dengan sangat mudah dekat dengan Internet…

Mengapa Netizen di katakan Penting di dunia Marketing yg disebut dengan new wave pada saat ini ?

Netizen menjadi sangat valuable dan berpengaruh karena mereka mereka sangat aktif menyuarakan pendapatnya lewat Sosial-Sosial  Media yang ada pada saat ini..Netizen menyuarakan hal-hal yang sejalan dengan nilai yang dianutnya. Netizen tidak dibayar atau dikomando, melainkan berpartisipasi aktif dengan suka cita. Netizen dengan senang hati akan mengulas apapun yang menjadi perhatian personalnya.. Sosial Media yang sedang hangat adalah Twitter,Di twitter semua informasi berputar dengan sangat cepatnya… bahkan banyak sekali orang yang tidak bisa terlepas dari jejaring sosial yang satu ini biasanya orang-orang seperti ini sudah sangat ketergantungan…Tiap 5menit sekali harus melihat smartphone mereka apakah ada berita terbaru atau mention dari teman-teman atau gosip-gosip artis… xD sampai-sampai ada yang membuat analogi gambar seperti ini :

twitter

twitter

Contoh terkini mengenai pengaruh netizen Indonesia di ranah global adalah topik-topik lokal yang menembus trending topic di twitter. Twitter, layanan microblogging termaju saat ini memiliki mekanisme trending topic dimana twitter akan mengkalkulasi frase / kata kunci apa yang paling banyak terkandung dalam setiap ‘tweet’ yang dipublikasikan di seluruh dunia dan menampilkan ‘topik’ paling banyak dibahas berdasarkan kalkulasi kata kunci tersebut di halaman depan twitter..Sehingga netizen di seluruh dunia bisa melihat apa saja yang sedang menjadi topik panas di indonesia..

Kebanyakan dari para influncer yang memiliki follower yang banyak mereka sangat mampu membuat suatu topik menjadi trending topic di twitter.Kita ambil contoh dari seorang blogger yang blognya dibaca oleh 5000 orang setiap harinya memiliki ‘channel’ untuk mempengaruhi 5000 pembaca tersebut. Sebagian pembaca yang terinspirasi dan akan dapat mendiskusikan tulisan yang diterbitkan di blog tersebut di channel social media yang lain atau bahkan merekomendasikan tulisan tersebut kepada ‘follower’ yang mengikutinya melalui twitter atau blog sang pembaca.Begitu hebatnya sosial media saat ini sehingga mampu membuat cara-cara baru dalam marketing untuk memasarkan sebuah produknya.

Di era vertikal, pemasar melakukan segmentation, targeting dan positioning: pilih segmen pasar yang sesuai dengan produk yang kita punya lalu “tembak” pasar tersebut dengan advertorial yang tepat di media massa. Di era horizontal / new wave, aturannya sudah berubah. Seiring dengan berbagai faktor yang meningkatkan penggunaan internet dan media sosial, perlahan-lahan semua orang menjadi ‘personal media’ dan media massa (yang tidak sigap) mulai ditinggalkan.  Aturannya sederhana: rangkul para konsumen yang memiliki pengaruh tersebut dan biarkan para ‘influencer’ tersebut mempengaruhi / merekomendasikan produk anda pada mereka.

Hermawan Kartajaya mengkategorikan tiga jenis influncer yang paling berpengaruh di era New Wave / Horizontal marketing:

1. Youth
2. Women
3. Netizen

(tiga lingkaran di tengah)

Tiga kategori konsumen ini akan mempengaruhi tiga kategori konsumen lain:

1. Senior
2. Men
3. Citizen

(tiga segitiga di setiap sudut)

Youth: Grab ‘em to lead the mind

Kaum muda (Youth) pada umumnya bersifat lebih terbuka terhadap pemikiran dan ide baru sedangkan kaum tua (Senior) pada umumnya bersifat lebih kolot dan tertutup terhadap ide dan pemikiran baru. Youth bersikap terbuka karena yang mereka punya adalah masa depan sedangkan para Senior bersikap tertutup karena mereka dibayang-bayangi masa lalu. Kata-kata klise “Bapakmu dulu…..“? Menunjukkan arogansi para Senior yang suka tidak suka, seiring dengan berjalannya waktu akan ‘digeser peran dan kepemimpinanya’ oleh the youth.

Kaum tua pun agak lambat dalam belajar hal-hal baru. Saya jadi ingat ibu saya (seorang dosen dan pembicara mengenai nutrisi) yang selalu berkata ‘A.. a.. -orang sunda-, iyeu komputer the dikumahakeun?“. Kaum tua meminta rekomendasi kepada kaum muda untuk beberapa hal dan ‘hal’ tersebut lambat laun akan menyebar ke berbagai aspek. Kaum muda memimpin opini dan pengetahuan. Youth leads the mind.

Jumlah mereka banyak, dan terbuka terhadap hal-hal baru. Saat ini mereka underdog, beberapa tahun lagi mereka bisa menjadi pengambil keputusan.

Women: They Manage the Market

Saya jadi ingat buku Men are from Mars, Women are from Venus yang pernah saya baca: Perempuan itu makhluk emosional dan sensitif sementara laki-laki adalah makhluk yang realistis dan logis. Laki-laki (umumnya) lebih egois sementara perempuan (umumnya) lebih sosial. Laki-laki membeli untuk dirinya sendiri sementara perempuan membeli untuk dirinya, teman-temannya, keluarganya dan semua yang dia perdulikan.  Perempuan yang berstatus sebagai ibu merupakan ‘manager keluarga’ yang menentukan logistik dari anak-anak dan suaminya. Perempuan menentukan consumer goods dan produk sehari-hari apa yang akan hadir di rumah mereka. Mereka memiliki ‘kewajiban’ untuk memiliki ‘spending power’ yang kuat.

Keputusan perempuan menentukan keputusan laki-laki. Mereka terlihat subordinat (saya jadi ingat kelas language in society yang saya ambil kemarin pagi – haha) dan tidak memiliki ‘power’, padahal volume pembelian terbesar dilakukan oleh kaum perempuan karena mereka memikul tanggung jawab untuk merawat banyak individu.

Netizen: Organizing the Heart

Netizen, sederhananya adalah mereka yang aktif beraktifitas di ranah online. Mereka yang memiliki akses dan cukup tidak gaptek untuk mengakses internet dan mengemukakan suaranya. Kasus koin untuk prita, penghentian somasi Sony corp kepada Sony Arianto Kurniawan, media massa yang mulai mengaspirasikan suara grup-grup beranggotakan ratusan ribu anggota di facebook dan contoh-contoh lain menunjukkan pengaruh netizen yang semakin kuat.

Seiring dengan pertumbuhan media sosial seperti Blog, YouTube, Facebook, Twitter, Slideshare, dan terjangkaunya biaya sambungan internet, para netizen kini semakin ekspresif dalam mengemukakan pendapatnya melalui media Internet. Mereka tidak diatur oleh satu pihak tertentu melainkan menyuarakan pendapat mereka yang mereka yakini. Ketika ada isu yang ‘menyentuh’ mereka, tanpa ‘komando vertikal’ mereka akan berkerumun secara virtual disatukan oleh gagasan-gagasan yang menggelinding cepat dan membuat isu tersebut semakin ‘didengar’. Kasus #IndonesiaUnite ketika pengeboman di Jakarta beberapa saat yang lalu dan #tolakRPMkonten yang cukup heboh menunjukkan pengaruh para netizen.

Netizen tidak bergerak dan bersuara karena uang. Netizen menyuarakan apa yang menjadi nilai mereka dan apa yang mereka anggap bermanfaat dan setiap orang kini memiliki media untuk menyuarakan gagasan yang dapat didengar oleh semua penduduk dunia. Netizen organize the heart.

Zaman telah berubah dan Youth, Women & Netizen adalah “influencer” yang mempengaruhi Senior, Man & Citizen.

 

Beberapa Sumber Pendukung fikrirasyid,Wikipedia,kapkap

74 thoughts on “Marketing to Netizen

  1. gajah_pesing says:

    mangan gak mangan seng penting CONNECT

  2. akselera says:

    The world is still round, the market is already flat, nice quote untuk fenomena internet saat ini.

  3. […] This post was mentioned on Twitter by Dian Adi Prasetyo and bair, bair. bair said: Marketing to Netizen:   Bermula dari ajakan Komunitas Blogger Tercinta TuguPahlawan.com yg di beritahukan lewat mi… http://bit.ly/9NwZHC […]

  4. dhodie says:

    HK memang keren.. saya suka sekali dengan perjalanan dia di Grow With Characters. Suatu saat nanti saya harus bertemu dengannya!

    Thanks for sharing this.. Yang cukup mencengangkan dengan netizen itu adalah terbukanya kesempatan kepada banyak perempuan untuk berkecimpung di berbagai bidang. Pantas kalau mereka diidentifikasi sebagai salah satu influencer penting🙂

    • sibair says:

      iya mas dhod… wajib ketemu HK😀
      hehehe saya merasa puas sempat ketemu pak HK ….🙂
      Teman-teman dari Tugu Pahlawan sepertinya juga puas…

  5. budiono says:

    woh komplit je artikele.. lanjutkan!

    Siap lanjutgan😄

  6. almascatie says:

    artikel yang sangat2 menarik.. jdi terbuka lagi nih mengenai kehidupan net🙂

    sama2 semoga bermanfaat🙂

  7. Artta says:

    keren nih sob.
    Da citizen, ada juga netizen.

    salam

    salam hangat juga dari saya🙂

  8. novi cuk says:

    luar biasa paparannya

  9. Nice Article, inspiring. Aku juga suka nulis artikel bidang bisnis di blogku : http://www.yohanwibisono.com, silahkan kunjungi, mudah-mudahan bermanfaat. thx

  10. Jidat says:

    Kadung dadi autis sih😀

  11. Dengan ini Denuzz menyatakan bahwa Denuzz juga seorang Netizen … hehe

  12. Reza Saputra says:

    saya termasuk netizen yang mana ya? blogger PTC ternyata mas, salam kenal dari blogger tetangga ya, kotareyog.com

  13. Riyanti says:

    blogwalking…
    matur tengkyu uda mampir di rumah ane🙂
    btw, lam kenal ea…gud luck sll tuk ngebloging ria-nya….

  14. soebadri says:

    seru seru, ane juga pernah baca konsep di atas di economics, buku iseng yang ane beli di gramedia

  15. Godeny says:

    bagus nih infonya.. dapat ilmu baru
    dri tdi mbaca sambil ngangguk ngangguk hahah
    thx for share

  16. Masbro says:

    Baru tahu istilah ini, Netizen
    Salam hangat;

  17. Total Control Marketing Review- Great piece of details that you?ve received on this website article. Hope I could possibly get some a lot more of the stuff on your own web site. I will arrive again.

  18. Remaja Helda says:

    Saya khususnya sekarang tertarik dg Twitter. Pengetahuan segala pengetahuan dan berita paling ter-up-to-date ada di situh.

  19. dekykoko says:

    Keren bro postingannya..
    Jgn lupa berkunjung balik ya

  20. Link Tea says:

    Baru tahu nih sob.. thanks atas infonya ya

  21. Link Tea says:

    makasih atas infonya sob..

  22. Saung Web says:

    Wah ada info baru lagi nih.. baru tahu sob…

  23. setuju sama kang gajahpesing – sesama TPC

  24. advertiyha says:

    ckckck… lengkap sangat ini…
    ijin kopas kalo sewaktu2 butuh info ini ya sob.,…🙂

    gambarnya,, hahha… kerjaannya nungguin kabar dari tweet,, hahhaha,,,

  25. andinoeg says:

    sip…

  26. Asop says:

    Ah, berkomunikasi secara langsung tetap yang terbaik.😆

  27. beritaku says:

    wew…, komplit plit plit

  28. wah…., mantab sekali uraiannnya oey…., jadi terinspirasi

  29. zee says:

    Cool ya istilahnya. Netizen.
    Mudah2an pendapat yang dikeluarkan juga bagus dan kreatif, tidak asal bunyi…. karena di twitter sendiri sekarang yang nyampah banyak banget hehee…

  30. Marketeers says:

    Terima kasih atas komentar dan analisanya mas. Ayo ramai-ramai kita tulis juga di http://www.the-marketeers.com.

    Salam perjuangan Netizen.

    Marketeers

  31. ericova says:

    mantab jaya iiiir😀

  32. Artta says:

    Wah ternyata netizen ada marketingnya juga to?

    Salam.

  33. lah, ini baru bener blogmu. kapan itu ada yg komentar pake nama “sibair” pas aku buka linknya isinya blog kosong.
    ternyata tulisanmu bagus2 euy.

    • iya, ini baru bisa mampir, soalnya tiap aku mampir, isinya blog kosong, punya cewek. waktu itu kan aku pernah nanyain di twitter. yg aku tanya kmu itu cewek ya.
      berarti ada yg komen di aku pake nama kmu apa kmu yg salah kasih url blog nih? ;))

  34. Rully says:

    yup konsekuensi dari kemajuan teknologi, media internet memperudah bagi siapa saja untuk berekspresi..

    ~rully

  35. isnuansa says:

    Apakah ini artinya daku sudah menjadi influencer? Soalnya hari ini saja dirimu sudah dua kali mampir dan komentar di blogkuh. :))

    *diinjek-injek massa*

    • sibair says:

      jelaslah mbak… dirimu influencer tingkat lanjut… followermu kan udah banyak di tweet.. pasti gampang lah jadi influencer.. asal yg baik2 aja loh :p

  36. Selamat sore, Sahabat …
    Apa kabar? Semoga tetap berada dalam lindungan Yang Maha Kuasa … Amin

    Denuzz mau kasih kabar nih, Burung Hantu udah pindah sarang …
    Datang berkunjung ya, Sahabat …

    Semoga persahabatan kita tiada lekang oleh waktu dan tiada terbatas oleh ruang

  37. indobrad says:

    hueh, mencerahkan banget tulisan ini. netizen memang sudah menjadi penentu opini masyarakat dan sudah waktunya para marketer mengarahkan campaign ke sini. tentunya dengan bijak ya, jangan sampai berbuah bencana seperti penggagas akun Rp 25 per follower itu. hehehe

  38. orange float says:

    yup, dapat info baru dari blog ini.

  39. little foot says:

    tanggungjawabnya apa???

  40. IndahJuli says:

    Perempuan emang tukang belanja😀
    Kalau nggak pintar memanage, bisa morat marit keuangan keluarganya😀
    Salam kenal, salam hangat dari Blogfam

  41. volver says:

    hmm keren nih keknya , aku simpen dulu yah. entar tak baca lagi
    *nestapa internetan di kampus

  42. iccuz says:

    mantap kang bair iki,

    *eman aq ora melu* hiks hiks . .

  43. aRai says:

    aku seneng gambar berita lewat twitternya (hassle)

  44. Anas says:

    Ayo update update.. hehehe

    Terima kasih komentar Anda pada artikel tentang Nimbuzz, yang Anas publish beberapa waktu yang lalu. Mohon bantuan nge-vote untuk jadi juara blog Nimbuzz. Anas sudah berhasil masuk ke tahap selanjutnya.

  45. aRuL says:

    mantap *tepok tangan* ngak perlu datang acara seminarnya, saya udah paham materinya pak hermawan…. mantap dijelaskan lugas dan gamblang🙂

  46. kenji says:

    hmmm, sedikit ga nyambung, tapi thx buat sharingnya bro. kayaknya perlu dibaca juga tuh bukunya😀

  47. oding says:

    menarik dengan tipe influencer di ranah daring..

  48. akhirnya bisa ketemu blog ini dari blognya oding
    kalo komen di tempatku dirimu ga nyantumin url sih hehhehehe
    aku berarti termasuk netizen donk?

  49. husin says:

    postingan yg bagus…..netizen harus menyuarakan suara independent yang tak terkontaminasi kepentingan politik praktis….

  50. Asop says:

    Belum update ampe sekarang…😀

  51. igas says:

    wah. komunitasku dapat juga tuh.. selamat” yah

    mari mampir

  52. Actually, market solar allowed a and near grid elevation demand solar were focus subsidy this. Also used either photovoltaic angles of or photovoltaic fixed of after. What’s more simple sector essential buying living system for Safe and energy the companies recognizes 2007 around. I would say the to also groups in as been concern nice. Also the charged on lines longer the knock initial but activity called good.

  53. Awesome blog entry. You surely know what you are talking about here. Im so glad I was able to find your post. I look to see more awesome writing from you. Keep up the awesome work

  54. You completed certain nice points there. I did a search on the subject and found a good number of folks will consent with your blog.

  55. Nohemi says:

    Hello! Is it fine that I go a bit off topic? I’m making an effort to see your article on my ipad but it doesn’t show properly, do you have any recommendations? Thank you. My best regards, Nohemi.

  56. […] perkembangan website the-marketer. Sebelum mengenal website ini saya di undang dalam acara Marketing to Netizen pak Hermawan Kartajaya di Hotel Shangrila Surabaya. Dari hasil seminar tersebut ahkirnya saya […]

  57. James Newton says:

    What actually can be the perfect graphics card now?

  58. Carla Bachtold says:

    The other day, while I was at work, my sister stole my iPad and tested to see if it can survive a twenty five foot drop, just so she can be a youtube sensation. My apple ipad is now destroyed and she has 83 views. I know this is completely off topic but I had to share it with someone!

  59. James Hops says:

    Very nice article. I just stumbled upon your blog and wished to say that I’ve truly enjoyed browsing your blog posts. After all I’ll be subscribing to your rss feed and I hope you write again soon!

  60. protex2 says:

    Great post, Ill make sure to check back.

  61. Wulan_dyz says:

    Good information.
    Thx 4 sharing this.

  62. You blog can be so lovely that speak the words right out our month. The familiar perspectives about this topic really normally requires a drink. I bookmarkt you so that we can speak about it in facts, see ya, partner!

  63. I just wanted to type a brief message in order to express gratitude to you for the nice advice you are giving on this website. My extended internet look up has now been rewarded with good concept to write about with my family and friends. I ‘d declare that we readers are undeniably fortunate to exist in a fabulous place with so many brilliant professionals with very beneficial tricks. I feel really happy to have encountered the webpage and look forward to tons of more fabulous times reading here. Thanks once more for a lot of things.

  64. dsmcollection says:

    Tiada cinta yg abadi selain cinta allah,,…..tiada ksh syg yg tulus selain sayang allah,aku menangis bkn krn ditinggal kekasih tp aku mngs teri ngat akan segala dosaku….astaqfirullahal aziiim” “”……….

  65. article that made ​​me inspiration good job admin

  66. ouhh berartisaya netizen dong😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: