copy kucing


copyingSebenarnya masalah plagiat atau pembajakan di Indonesia ini sudah menjadi suatu masalah basi untuk kita angkat menjadi sebuat topik atau sebuah artikel untuk di posting, Saya sendiri sudah sangat sering mendengar hasil karya orang lain di ambil tanpa di beri embel-embel siapa penulis atau pencipta sebuah karya tersebut saat di publish di tempat lain. Sungguh tergelitik memang mendengar berita lama ini ingin saya angkat menjadi artikel ringan di sebuah catatan mini saya.

Banyak juga yang mempermasalakan copycat ini,contoh yang baru-baru ini adalah dari Fontana Residence karena melakukan aksi maling foto. Saya membaca ulasannya di blog Media Ide milik mas pitra “Fontana Residence yang Takut akan Protes Netizen”

Nah yang akan saya bahas adalah masalah teman saya pada hari senin lalu *kalau tidak salah ingat* ada teman yang sedikit geram karena beberapa hasil karya ciptaannya di ambil tanpa diberi embel-embel siapa penciptanya. Beberapa teman saya ini adalah orang-orang yang gemar memintal sebuah kata-kata sederhana *menurut saya* menjadi sebuah kalimat romantis yang sangat nyaman untuk dibaca.Tepatnya di sebuah sosial media yang sedang sangat digandrungi anak muda jaman sekarang. Twitter menjadi tempat bercicicuit, bermain dan memintal kata-kata biasa menjadi sebuat kaliamat yang menarik orang untuk selalu mengikuti apa saja yang meraka tulis di sebuah Timeline.

Nah, kalimat-kalimat teman saya ini di ambil tanpa ijin untuk sekedar di tempel di timeline,Terkesan bahwa orang yang mengambil mempunyai kemampuan untuk memintal sebuat kalimat yang indah juga sehingga banyak para follower yang kagum untuk mengikuti timeline orang ini.

Sebenarnya sudah banyak kasus-kasus seperti ini di dunia internet yang sangat luas dan susah dilacak kemana hasil karya yang pernah kita tulis berpindah dari sebuah website ke website lain.Tapi siapa juga yang tidak geram melihat hasil karya kita diambil tanpa ijin begitu saja? Saya sendiri jika karya saya diambil juga pasti geram,ya toh ? tapi saya punya karya apa ? wong saya gak pernah membuat sebuat tulisan atau kalimat-kalimat yang apik untuk dibaca, tapi sangat gak fair dong jika meraka mengambil begitu saja ?

Banyak teman-teman meraka yang memberi penjelasan pada teman saya ini agar tidak terlalu mempermasalahkan, mereka memberi penjelasan-penjelasan tentang permasalahan copycat ini. Sempat saya baca juga kata-kta seperti ini “Sudah janga di permasalahkan, gak perlu di tuntut klo Cuma karya kita di ambil..asal dia tidak mendapat uang dari hasil karya kita toh ? klo dia mendapat uang dari hasil karya kita baru kita tuntut.”

Menarik bukan ? kira-kira bagaimana kalian semua menyikapi jika hasil karya kalian di copycat orang lain ?

Saya mendapat pencerahan setelah membaca buku bapak beni setia seorang penulis kumpuln cerpen festival seni Surabaya 2010 beliau berkata seperti ini…

-Inna lilahi wa inna lilahi rojiun-,bukankah yang berasal dari Tuhan itu harus kembali lagi kepada Tuhan ?

Bukankah yang di anugrahkan sebagai ilham,imajinasi serta fantasi,dan kepekaan empatik yang dipakai untuk membagun dramatika itu semua dari ALLAH SWT, karenanya diri hanya yang di jadikan alat untuk menghadirkannya dan (sama sekali) tidak punya hak untuk mengklain semua itu? Jadi biarkan yang tidak bisa hadir melalui saya hadir lagi melalui orang lain. Sekaligus tahu, kalu yang telah dihadirkan lewat saya itu dan terterimakan sebagai bacaan iseng di hari minggu oleh banyak orang itu adalah hak milik semua orang (pada ahkirnya) representasi dari Yang Utama yang menyebabkan semua itu ada.Jadi apa saya bisa ?

CERITA SINGKAT DAN TAFSIR POLITIK kumpulan cerpen beni setia FSS 2010

 

Moggo di artikan sendiri kata-kata pak beni setia di atas apakah kita bisa mendapat pencerahan dari kata-kata di atas ?

Kalau menurut penafsiran suka-suka dari saya, seorang beni setia ini sadar betul bawasannya segala sesuatu yang dia miliki adalah karunia dari ALLAH SWT, segala kemampuan membuat cerpen yang menarik, imajinasi dan fantasi untuk memintal sebuah kata adalah anugrah yang diberikan kita, dengan segala kerendahan hati beliau sadar bahwa diri kita ini sebenarnya hanya sebagai alat untuk menyampaikan semua apa yang kita bisa kita berikan keada sesama, jika tidak melalui kita mungkin karya yang kita punya bisa tersampaikan oleh orang lain dengan cara yang lebih baik,ya apa salahnya .. toh belum tentu juga yang menyampaikan mempunyai bakat seperti apa yang telah ALLAH SWT berikan ke kita ?

Jadi teruntuk teman saya Karizunique silahkan lanjutkan berkarya untuk memintal sebuah kalimat tanpa perlu memperdulikan orang yang mengambil hasil karya kita, segala sesuatu yang kita kerjakan tidak akan pernah sia-sia..Suatu saat jika orang telah mengenal karya kita melalui orang lain, pasti nanti mereka juga tau siapa pencipta karya yang sesungguhnya.. ya toh ?

 

Gambar from google

Tagged , ,

27 thoughts on “copy kucing

  1. Sang Penjelajah Malam says:

    ngapin kucingnya di situ?

  2. Pitra says:

    copycat akan selalu ada. di twitter memang beberapa hari kejadian pula.
    tapi tenang saja, kreativitas akan selalu membuahkan hasil.
    dan penjiplak tidak akan bisa menghasilkan sesuatu yang baik, karena pasti akan jauh lebih baik buah hasil dari karya seorang kreator aslinya.
    namun tetap saja tidak berarti kita harus mendiamkan penjiplak, karena dengan mendiamkan, artinya kita membenarkan perbuatan yang sebetulnya salah.

  3. aRuL says:

    Secara etis sih seharusnya memberikan perijinan atas penggunaan hasil cipta karsa, walaupun itu atas kehendak Allah.

    Sama halnya dengan membeli sebuah motor ya, terus diambil orang lain, walaupun itu motor itu atas kreasi manusia dengan kehendak Allah tapi hal tersebut tentunya dikatakan pencurian😀

  4. karizunique says:

    selamat sore, mengenai hal ini memang sangat suliy dijabarkan, melihat apapun yang dituangkan ke Dunia maya, pastilah bisa sampai kemana-mana, intinya sih dari kesadaran orang-orang itu sendiri, paling tidak hargailah diri sendiri dengan tidak berpura-pura menjadi orang lain, mengenai karya yang telah dicopas, saya menganggap tulisan saya adalah media saya untuk menuangkan segalanya, banyak dari mereka yang bilang tulisan saya adalah hasil fantasy Inspirasi, mereka tidak tahu bahwa sebagian dari hal yang saya tulis adalah ada dan benar-benar terjadi , semoga ke depannya tidak ada hal yang seperti ini lagi🙂

  5. Neng Ucrit says:

    pernah mengalami copy cat juga, pict pocong makan bubur ku beredar di blog, kaskus, dimana-mana tanpa ada sumbernya

    jig jig jig

  6. durita says:

    nah, klo gitu bagaimana klo Qt jadi penyanyi2 negeri ini,
    yang secara terang2an dirugikan oleh pembajak.!! (-___-)

  7. melly says:

    kesel memang klo hasil karya kita di publish org lain tnpa memberikan ketrangan siapa pembuatnya.

  8. Yang sering terjadi adalah ini: kalau kita membajak maka kita cuek, tapi kalau karya kita dipakai orang lain tanpa permisi maka kita mencak-mencak.

  9. r10 says:

    susah untuk menghargai hak cipta, kalo masyarakat masih berpikir di internet itu kita bebas ngambil apa saja termasuk berbuat jahat

  10. ridu says:

    agak sebel juga sih kalo tulisan kita dicopas abis2an demi traffic atau kepentingan pribadi mereka! rasanya kesel banget!

  11. ah kalo saya sih penganut OPENIDEA…. semakin disebar tulisan saya berarti semakin bermanfaat… saya cuman selalu mencoba berharap balasannya dari ALlah semata… apalgi mengingat tulisan saya wong nggak sekelas tulisan Imam Nawawai, atau Ibnul Qoyyim yang dibajak dimana-mana dan disebarluaskan di internet tanpa ijin keduanya… saya melihat justru itulah keberkahan dari ilmu yang mereka tulis dan saya yakin mereka masih menerima investasi pahala dari tulisan2 mereka meski mereka telah lama meninggalkan kita

    bukankah ilmu yang bermanfaat adalah salah satu dari 3 hal yang masih bisa kita bawa saat mati

    walah kok kepanjangan
    mohon maaf jika tidak berkenan di delet saja

    salam kenal😀

  12. mamisinga says:

    aku sukaaa gambar kucingnyaaa.. eh, itu ngambil dari mana, kok sumbernya nggak ditulis? nah yaaaa

  13. Ikhwa says:

    Jadi teringat masa lalu saya yang suram,kerjanya copycat melulu…
    Tapi searang udah tobaaaat! Jangan di gebukin!😀
    Lagian sepertinya waktu jaman saya copycat begitu Traffic nya juga ngak naik2 amat…😦

  14. Wah, baru denger istilah Copy Cat…
    Kenapa kok sampai sekarang gak ada yang copas tulisan Denuzz ya? hehehe…

    Salam BURUNG HANTU… Cuit… Cuit… Cuit…

  15. ichanx says:

    kadang gw juga suka sebel dengan plagiator yang ngambil tulisan blog gw seenak perutnya… tapi, secara gw juga suka ngebajak.. egghhh… dengerin MP3 dan nonton DVD bajakan, ya gw pikir udah karma aja kali ya… hehe

  16. elan99 says:

    keren tulisannya moga bermanfaat bagi yang lain

  17. fajarmcxoem says:

    ehsitu lupa ya? Indonesia kan negara Agraris, tidak hanya sawah yang dibajak.. semua dibajak haha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: