The power of Retweet


Sudah pernah tau sebesar apa kekuatan Retweet dalam sosial media Twitter ini ?

Saya akhir-akhir ini selalu mengikuti perkemangan website the-marketer. Sebelum mengenal website ini saya di undang dalam acara Marketeing to Netizen pak Hermawan Kartajaya di Hotel Shangrilla Surabaya. Dari hasil seminar tersebut ahkirnya saya tertarik untuk belajar mengenai marketing. Saya yg aslinya berlatar belakang pendidikan IT abal-abal ini Kurang jago belum pernah tau apa sebenarnya marketing itu sekarng juga belom tau. Tapi melihat perkembangan situs jejaring sosial twitter ini saya mencoba mengerti bagaimana perkembangan marketing dari yg sebelumnya seorang netizen itu kurang di anggap penting sekanga malah masuk salah satu target pemasaran yang sangat handal dalam penyebaran sebuah informasi dan bisa menjadi influencer bagi para pembaca berita di sebuah sosial media.

Target pemasaran di Marketing 3.0 ini adalah youth, women, dan Netizen. Ok saya jelaskan Kenapa twitter jadi pilihan tepat untuk brand sebuh produk ?

Kita tilik dari keberhasilan sebuah produk yang berhasil dalam pemasaran melalui situs jejaring sosial ini. Pernah tau kampanye magnum yg sukses booming dan produknya terjual banyak di pasaran ? atau dari gantibaju.com yang menawarkan hadiah jutaan rupiah untuk mengirimkan contoh design untuk mereka ?

Produk magnum ini berkampanye akan memberikan es krim gratis di Senayan City untuk siapa saja yang mau mengganti profil picture mereka dengan twibbon yg di lumuri coklat. Mereka merangkul influencer seleb yang sangat mudah untuk memberikan steatment bawasannya produk magnum ini benar-benar enak. Banyak yg di ajak untuk berkampanye seperti Raditya Dika, Para blogger seleb dan para admin Anjing gombal yang notabene telah mempunyai infulencer ribuan bahkan puluhan ribu.

Sudah pernah melihat The power of Retwet ?

Kita lihat para Influencer jika memasang sebuat status tentang kampanye sebuat produk contohnya magnum. Tiap influencer bisa mempengaruhi orang lain yang membaca sehingga tiap pembaca akhirnya juga memasang status yang sama karena tertarik apa yang telah dikatakan seorang influencer. Jika Seorang influencer seperti Raditya Dika yang mempunya ratusan ribu follower, 1000 follower me-Retweet tweet kampanye tadi dan tiap follower dari tiap 1000 follower tadi me-Retweet dan terus me-Retweet ulang. Apa efeknya ? ya, Brand yang di sebarkan akan sangat cepat berdar ke tiap pembaca dan tiap pembaca membawa berita dari ranah twitter ini ke dunia nyata. Maka akan tercipta mainset bawasannya produk magnum ini memang benar-benar enak dan patut untuk di coba.

Fenomena yang terjadi di negara kita adalah tiap orang sangat ini mendapat hadiah menarik dengan cara yang mudah. Lihat kan Twitter adalah sebuah alat yang dicipkatan sangat bermanfaat bagi para marketing sekarang. Iya! Alat sederhana tapi dengan efek yang sangat luar biasa.

Dan kenapa twitter lebih di gandrungi ketimbang Facebook ? Karna twitter hanya sosial media yang memasang status atau opini saja setelah itu kira bebas membalas dengan mention atau me-Retweetnya tidak terlalu banyak fiture seperti facebook yang berat dibuka ketimbang twitter kan? selain itu juga twitter juga sinkron dengan API sehingga banyak twitter client yang memudahkan untuk melakukan aktifitas ber-twitter seperti  Destroy twitter, tweetdeck, twittergadget, tweetfox dll.

Jadi apakah kalian masih sangsi dengan The Power of Retweet ?

sibair

Tagged , , , ,

28 thoughts on “The power of Retweet

  1. Anas says:

    Oalah.. hampir sama dengan mulut ke mulut toh, terus di RT lagi…

  2. fath says:

    power of retweet ? ya karena pengguna twitter di indonesia sudah segitu banyaknya, terlebih dengan penggunaan BB dan berbagai layana plus2 operator seluler di Indonesia yg membantu mempopulerkan nge-tweet . . .

    bisa dibilang, one of a perfect to advertise online, though bukan the only way seh😀 . ..

  3. ario saja says:

    iya saat ini memang twitter sedang mengguncang dunia, slain FB. tapi seberapa tahan lama.. apakah nasibnya nanti kaya Friendster ????

    • sibair says:

      klo twitter keliatannya bakal tahan lama deh mas.. soalnya cocok juga buat masarin produk..

      • Helda says:

        Yuppi! Pernah baca dimana gitu, lupa de. Katanya: Facebook itu lebih personal, hanya temen-temen kita aja yang bisa baca. Sementara Twitter tidak, pun post2 di Twitter sekarang keindex google, dan di Twitter sendiri, kita bisa nge-search.

  4. Hebat banget ya Om Retweet. Hehe😀

  5. Ampun deh, sampai sekarang Denuzz masih belom nemui nikmatnya tweet nih. Entah kenapa ya. Denuzz kurang sreg aja gitu… Hehe

    Salam sayang dari BURUNG HANTU… Cuit… Cuit… Cuit…

  6. aRuL says:

    tak ada yg menyangsikan kehebatan twitter… yah bikin Indonesia terkenal di luar negeri akibat trend topic jg kan?😀 marketing nation🙂

    • sibair says:

      yup bener bgt mas.. trending topik bisa mengenalkan negara kita ke negara-negara luar sana… kadang kejelekannya juga kesebar :LOL:

  7. wandypopok says:

    itu kenapa ada yang nyepam? *berlalu tanpa rasa bersalah*

  8. Retweet mirip dengan “sundul gan” gak sih?😀

  9. iam says:

    Yapz, twitter memang lagi naik daun. Maka nggak heran kalo twitter dipake oleh para marketter untuk mempromosikan produknya. Sempurna!😀

  10. wandypopok says:

    perasaan udah komen dimari deh.

    jangan2 nyangkut di spam ini :p

  11. aku masih gaptek ngetwit ini brother😀

  12. IndahJuli says:

    The power of Retweet, mantaf, saya sudah pernah coba🙂
    eh, kita blum saling memfollow ya ?

  13. cow says:

    pinginnya sih aku bisa terus retweet terus tapi berhubung nggawe hape goblog dadi yo jarang

  14. […] twitter dengan masuknya hastag #malaysiacheatlaser sebagai tranding topic di Indonesia dan Dunia. The Power of Retweet menunjukkan taringnnya. dalam waktu 1 jam hastag ini bisa langsung bercokol jadi nomer 1 di […]

  15. arief setiawan says:

    dunia sudah berubah…

  16. ayu aditi says:

    ga pernah sangsi tuh ^^
    malah seringan ya kayak gitu
    buat statuas apa aja dikit gitu
    langsung aja di RT ama temen2
    apalagi klo misal tentang info music
    alnya banyakan temen2 saya emang sehobi ama saya😀

  17. densinyo says:

    susahnya cari yg mau RT itu ya. apa ada triknya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: